Kamis, 06 Desember 2012

Pengertian Search Engine Beserta Contoh-contohnya

Pengertian search engine, yah inilah bahasan materi untuk artikel kali ini yang tentu saja anda semus sudah tak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Anda sering menggunakannya untuk mencari info-info berguna di internet mulai dari resep masakan, berita terbaru, info perkembangan teknologi dan yang lainnya.

Jika diartikan secara sederhana, maka dapat dikatakan bahwa search engine (mesin pencari) adalah sebuah pemrograman yang dibikin untuk membantu orang dalam mencari serta menemukan sebuah informasi dengan mengetikkan suatu kata kunci (keyword).

Untuk pengertian search engine secara bahasa adalah mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak.

Sedangkan menurut wikipedia, Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.

pengertian search engine
Ilustrasi search engine / Image courtesy of Master isolated images / FreeDigitalPhotos.net
Bagaimana sistem kerja search engine?

Cara kerjanya adalah dengan cara menyimpan database yang ada di internet untuk kemudian ditampilkan sesuai dengan kecocokan kata kunci yang diketikkan pada search engine dengan database yang ada. Biasanya akan ada banyak sekali data yang dimunculkan, dan untuk data yang berada di urutan pertama relatif merupakan hasil yang paling akurat.

Tak hanya menampilkan hasil pencarian berupa halaman web, search engine juga menampilkan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, misalnya audio, video, gambar, foto, dsb. Bahkan seiring majunya teknologi pun terus berkembang, mesin pencari juga menampilkan hasil pencarian berupa produk, layanan dan beragam informasi lainnya.

Ada banyak sekali mesin pencari populer yang digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia, diantaranya yaitu Google.com, Yahoo.com, bing.com, MSN, AOL.com, Ask.com, dll. Bahkan salah satu situs jejaring sosial yang terpopuler saat ini yaitu Facebook pun tersemat mesin pencari yang bisa anda manfaatkan untuk menjelajah informasi di internet.

Yah, itulah pengertian search engine yang mungkin dengan penjelasan tersebut sekarang anda bisa lebih mengerti.