Minggu, 23 Desember 2012

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Jeruk nipis atau yang dikenal juga dengan sebutan buah lime ini adalah buah yang menyerupai jeruk akan tetapi berukuran lebih kecil sebesar bola bekel dan rasanya lebih masam.

Ibu-ibu sudah tak asing dengan penggunaan jeruk nipis sebagai bahan tambahan masakan. Manfaat lainnya juga bisa dipergunakan untuk membersihkan karat pada logam, bahan pembuat asam sitrat, obat batuk, dll.

Anda bisa memanfaatkan buah ini untuk beberapa keperluan baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.

1. Amandel
Siapkan 3 buah kulit jeruk nipis lalu potong-potong dan rebuslah dengan 2 gelas air hingga tersisa sekitar ¾ bagian , kemudian saringlah dan gunakan untuk berkumur-kumur. Anda bisa melakukannya sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

2. Ambeien
Ambillah akar pohon jeruk nipis sebanyak 10 gr kemudian cucilah sampai bersih, lalu rebus dengan menggunakan air sebanyak 1 liter selama ½ jam. Jika sudah, selanjutnya saringlah dan minum air saringan jeruk nipis tersebut dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Jerawat
Ambil satu buah jeruk nipis yang telah di cuci, lalu iris menjadi dua, kemudian irisan tersebut usap-usapkan pada wajah anda pada bagian yang berjerawat.

4. Obat batuk
Siapkan 1 buah jeruk nipis lalu peras sampai kempot dan campurlah dengan sekitar 1 sendok madu atau kecap, dan jangan lupa bubuhi sedikit garam. Aduklah rata dan diminum sekali sehari.

5. Bau badan
Cara yang pertama yaitu potonglah jeruk nipis yang besar menjadi 2 bagian, pada irisan olesilah tipis-tipis dengan kapur sirih, oleskan pada area yang bau setelah mandi, biarkan kira-kira selama 5 menitan, lalu bilaslah. Lakukan hal tersebut setiap sehabis mandi.

Cara yang ke 2 yaitu ambil secukupnya daun jeruk nipis, tumbuklah sampai halus, lumat, cetak kecil-kecil seperti pil, makanlah 3 kali dalam sehari.

Manfaat Jeruk Nipis
Ilustrasi jeruk nipis
6. Menghambat pembentukan Batu ginjal
Ambillah jeruk nipis sejumlah 2 butir dan peras kemudian diencerkan menggunakan air hangat sebanyak 2 gelas. Bisa anda minum pada malam hari setelah jam makan malam. Lakukan selama 10 hari.

7. Demam atau flu
Caranya cukup mudah yaitu perispakan satu buah jeruk nipis untuk diperas airnya. Kemudian tambahkan bawang merah yang telah ditumbuk sebanyak 3 biji. Bisa juga ditambahkan minyak kelapa sebanyak satu sendok makan. Oleskanlah ramuan tersebut kepada penderita demam pada bagian keningnya.

Cara yang ke dua yaitu panggang satu buah jeruk nipis sebentar saja, potong lalu peraslah, tambah madu sebanyak satu sendok makan, minum sekaligus.

8. Melebatkan rambut
Anda bisa memperispkan 1 buah telur ayam kampung yang diambil pada bagian kuningnya, lalu kocoklah dengan dicampur air perasan jeruk nipis sebanyak 3 buah. Lalu gosok-gosoklah dan pijit sampai rata ramuan tersebut ke bagian rambut anda yang harus dalam kondisi bersih. Setelah merata, diamkan selama kurang lebih 2 jam baru dibilas dengan menggunakan shampoo.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa anda manfaatkan, tak menyangka bahwa buah yang sangat mudah dijumpai di pasaran ini cukup banyak kegunaannya.