Senin, 24 Desember 2012

Manfaat Daun Sirih Yang Luar Biasa

Manfaat daun sirih yang luar biasa banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia dari jaman nenek moyang kita. Dan pasti sudah tidak asing lagi di telinga dan penglihatan kita akan munculnya produk-produk kemasan ekstrak daun sirih untuk berbagai manfaat.

Nama latin daun sirih adalah Piper betle L. dan tanaman ini banyak tersebar di Asia selatan dan Asia tenggara termasuk di Indonesia.

Daun sirih ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah sirih cengkeh, sirih belanda, sirih jawa, sirih kuning, dan juga sirih hitam. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Untuk rasa dan aroma dari daun sirih tergantung dari jenis sirih itu sendiri, usia sirih, jumlah sinar matahari yang sampai kepada daun serta kondisi dedaunan pada bagian atas tumbuhan.

Masyarakat kita pada jaman dahulu terbiasa menggunakan sirih, akan tetapi di dalam hal pemakaiannya berbeda-beda di tiap daerah, misalnya saja “nginang” (mengunyah daun sirih yang biasanya ditambah kapur, biji pinang / jambe, gambir).

Manfaat Daun Sirih
Ilustrasi daun sirih
Berikut adalah beberapa penggunaan sirih untuk pengobatan :

1. Batuk
2. Sariawan
3. Bronchitis
4. Jerawat
5. Keput1han
6. Sakit gigi karena berlubang
7. Demam berdarah
8. Bau mulut
9. Siklus ha!d tidak teratur
10. Asma
11. Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
12. Gusi bengkak (getahnya)
13. Membersihkan Mata

Sedangkan untuk pemakaian luar biasanya untuk mengobati :

1. Eksim
2. Luka bakar
3. Koreng (pyodermi)
4. Kurap kaki
5. Bisul
6. Mimisan
7. Sakit mata
8. Perdarahan gusi
9. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
10. Menghilangkan gatal

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa cara penggunaan sirih untuk tujuan pengobatan alami :

1. Untuk mimisan
Yaitu, keluarnya darah dari hidung, untuk mengobatinya dengan daun sirih bisa dilakukan dengan cara berikut, ambillah daun sirih kemudian cuci bersih dan setelah itu buatlah menjadi gulungan kecil berbentuk terompet yang kira-kira cukup untuk lubang hidung anda. Masukkan daun sirih tersebut ke hidung anda.

2. Untuk obat diare
Ambillah 5 sampai 7 lembar daun sirih yang sudah dicuci beserta 6 biji merica dan 1 sendok minyak kelapa, kemudian anda bisa mencampur bahan tersebut untuk ditumbuk sampai halus. Oleskan tumbukan halus tersebut ke bagian perut.

3. Untuk obat batuk
Ambillah 5 lembar daun sirih, 11 biji kemukus, 11 biji cengkeh, serta 11 biji kapulaga dan kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan-bahan tersebut lalu rebus dengan tambahan 2 gelas air. Tunggu sampai air rebusan hanya tersisa setengahnya dan saring kemudian ramuan tersebut siap untuk diminum 3 kali sehari.

4. Mengobati penyakit keput!han
Ini adalah penyakit yang umumnya diderita kaum wanita. Anda bisa mencoba ramuan daun sirih untuk mengobatinya, caranya adalah ambil daun sirih secukupnya lalu cuci sampai bersih. Setelah iturebuslah dan gunakan air rebusan tersebut untuk cebok.

5. Mengobati bau mulut
Bau pada mulut bisa saja disebabkan oleh bakteri /kerusakan pada gigi. Anda bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan daun sirih. Caranya yaitu kunyahlah beberapa menit kemudian buang atau muntahkan daun sirih tersebut. Hal ini dapat anda lakukan sampai 3 kali dalam sehari. Atau bisa juga anda merebus daun sirih yang telah dicuci sampai bersih dengan menggunakan 2 gelas air, dinginkan dan saringlah. Pergunakan air saringan tersebut untuk berkumur setiap sore dan pagi hari.

6. Pembersih mata gatal dan merah
Anda bisa menyiapkan 7 sampai 8 lembar daun sirih lalu cuci sampai bersih. Rebuslah daun tersebut dengan 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin kemudian pergunakan air tersebut untuk membasuh kedua mata anda. Atau bisa juga dengan mengedip-ngedipkan mata anda ke dalam air ini.

7. Menghilangkan bau badan
Cara untuk menggunakan daun sirih sebagai penghilang bau badan cukup mudah, yaitu rebuslah 4-5 lembar daun sirih yang telah dicuci dengan air sampai bersih dengan 2 gelas air hingga tersisa sekitar 1 gelas air. Saringlah air rebusan tersebut kemudian minum dalam keadaan dingin pada siang hari.

Itulah beberapa penerapan daun sirih untuk pengobatan yang biasanya sering dilakukan. Semoga bisa menambah wawasan anda seputar daun sirih dan manfaat daun sirih bagi kesehatan.