Sabtu, 19 Januari 2013

Tips Mengecilkan Perut Melalui Gaya Hidup

Tips mengecilkan perut banyak dicari oleh orang yang memiliki perut gendut ataupun memiliki kelebihan lemak di perutnya. Perut yang membuncit memang selain buruk bagi kesehatan juga mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Tak hanya itu, koleksi celana panjang pun jadi banyak yang tak muat lagi, terpaksa deh beli yang baru hehe.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut anda menjadi buncit misalnya saja anda jarang berolahraga, atau beraktifitas, suka memakan makanan manis dan berlemak, doyan ngemil. Setiap harinya jumlah kalori yang masuk ke tubuh anda lebih tinggi dibanding jumlah kalori yang dibakar.

Sebagai contoh misalnya saja kebutuhan kalori harian anda adalah 2000 kalori, dan anda mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori 2500. Maka anda masih kelebihan 500 kalori. Itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan anda termasuk menyimpan lemak di perut. Akan tetapi, jika anda berolahraga selama 30 menit dan berhasil membakar 500 kalori misalnya, maka berat badan anda tidak akan mengalami kenaikan.

Cara menghitung kebutuhan kalori harian anda sebenarnya sangatlah mudah, akan tetapi itu akan saya bahas pada artikel tersendiri nantinya.

Nah, jika anda ingin menghilangkan perut buncit yang anda alami, mungkin bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut :
Tips Mengecilkan Perut
Ilustrasi tips mengecilkan perut
1. Melakukan aktifitas olahraga
Selain mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh melalui pola makan, kita juga perlu untuk membakar kalori dengan cara berolahraga. Dengan demikian lemak di perut anda akan lebih cepat berkurang.
Dengan olahraga juga bisa mwnggerakkan cairan yang berada di perut anda yang menyebabkan perut menjadi besar dengan cara mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dilkeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai air seni.

2. Minum air putih dalam jumlah cukup
Bisa saja perut buncit yang anda alami karena terlalu banyaknya penyimpanan air di dalam perut, maka hal tersebut bisa anda atasi dengan cara rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Karena hal tersebut akan mampu mencairkan konsentrasi sodium yang ada dalam tubuh anda sehingga dapat meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem.

3. Makan secara perlahan
Apakah anda memiliki kebiasaaan makan yang terlampau cepat? Jika iya, maka sebaiknya anda segera menghilangkan kebiasaaan tersebut karena katika anda menelan makanan yang anda kunyah terlalu cepat, akan ada udara yang tertahan di dalam usus yang nantinya akan membentuk gas yang dapat menyebabkan perut menggelembung.

4. Kurangi konsumsi garam
Jika anda menginsumsi garam dalam jumlah yang terlalu banyak dalam sehari, maka bisa menyebabkan bertambahnya ekstra sodium yang terdapat pada cairan tubuh yang berefek memperlambat mekanismenya sehingga air keluar dari sel. Akibatnya, perut akan terasa lebih penuh dan semakin besar.

5. Minum lemon hangat di pagi hari
Saat anda bangun dari tidur maka mulailah hari anda dengan segelas lemon hangat diikuti dengan jus buah misalnya mint dan ketumbat yang mana itu akan membantu metabolisme tubuh anda.

6. Mmemperbanyak aktifitas

7. Merubah kebiasaan makan
Untuk mengurangi lemak di sekitar pinggang anda, maka ubahlah pola makan anda dengan diet rendah kalori dan mengonsumsinya dalam porsi kecil sebanyak 4-6 kali sehari. Dengan makan lebih sering maka kadar gula darah anda akan stabil dan tubuh anda lebih cenderung tidak menyimpan lemak karena takut kelaparan.. Anda memang harus menghindari untuk mengurangi asupan kalori secara drastis atau melewatkan jam makan karena akan menjadi bumerang bagi anda karena hanya akan memperlambat metabolisme anda. Raphael Calzadilla, seorang pelatih pribadi bersertifikat dan binaraga profesional menyerankan agar memakan porsi kecil makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Beliau juga menyarankan untuk mendapatkan kalori dari karbohidrat tak lebih dari 55% kebutuhan kalori harian anda.

Yah, itulah beberapa tips mengecilkan perut yang bisa anda coba, dengan mengatur jumlah kalori masuk ke dalam tubuh dan kalori yang dibakar, serta beraktifitas fisik maka secara perlahan perut anda akan mengempis. Selamat mencoba.