Selasa, 01 Januari 2013

Pengertian Modem dan Jenis-jenisnya

Pengertian modem dan jenis-jenis modem. Anda pastinya seringkali mendengar istilah modem, apakah itu? Padahal jika sering menggunakan internet via komputer pastinya anda menggunakan media ini. Tapi jika ada yang menyuruh menjelaskan apa pengertiannya bukan tidak mungkin anda masih bingung hehe.

Pengertian modem

Okelah mari kita ulas sedikit mengenai pengertian modem dan macam-macamnya. Sebenarnya modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang mempunyai fungsi mengubah sinyal informasi menjadi sinyal carrier yang mana sinyal tersebut dapat dikirimkan. Sedangkan Demodulator ialah bagian yang mempunyai fungsi buat merubah sinyal carrier tersebut menjadi sinyal informasi.

Dari keterangan tersebut maka akan dapat diambil kesimpulan bahwa modem ialah perangkat keras atau hardware yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk melakukan komunikasi 2 arah. Dan sebenarnya semua alat yang dipergunakan untuk berkomunikasi juga menggunakan komunikasi 2 arah dan selalu terdapat sebuah perangkat keras yang bernama modem. Sebagai contoh saja, microwave radio ataupun VSAT dan banyak lagi lainnya. Jadi, modem sebenarnya tidak hanya digunakan pada komputer saja.

Modem juga dapat diartikan sebagai perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider - penyedia jasa internet) anda.

Fungsi modem

Dari penjelasan yang dikemukakan di atas, maka dapat diambil penjelasan mengenai apa fungsi dari modem. Dan fungsi yang paling utama sebenarnya adalah mengubah sinyal digital dari kabel menjadi sinyal analog (suara) dan sebaliknya.

Bagaimana cara kerja modem ?

Ketika sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan via kabel telepon. Dan pada saat suatu komputer menerima data dari internet, maka modem akan mengubah sinyal suara yang dibawa melalui kabel telepon menjadi sinyal digital, selanjutnya komputer akan mampu membaca sinyal tersebut.

pengertian modem

Jenis-jenis modem

Pada dasarnya berdasarkan bentuk fisiknya, ada 2 jenis modem yang sering kita temui sehari-hari yaitu modem internel dan modem eksternal. Modem internal ialah modem yang langsung dipasang pada motherboard komputer atau dipasang dalam CPU, sedangkan untuk modem eksternal biasanya dihubungkan dengan kabel USB atau kabel serial. Tentu saja masing-masing ada kelebihan dan keurangannya.

Untuk modem internal harganya relative lebih murah akan tetapi untuk pemasangannya akan lebih sulit disbanding modem eksternal.

Untuk modem eksternal, kelebihannya bisa dipakai bergantian dari satu komputer ke komputer lain secara mudah. Meskipun dari segi harga relative lebih mahal disbanding modem internal.
Jenis modem juga bisa diklasifikasikan sebagai berikut :

Modem ADSL, modem CDMA, modem GSM, modem 3GP, modem kabel (modem yang hanya dapat menerima sinyal langsung dari layanannya melalui TV kabel) dan modem analog (modem yang memiliki kemampuan untuk merubah sinyal analog untuk dijadikan sinyal digital).

Oke, itulah yang dapat saya jelaskan mengenai pengertian modem, fungsi modem, serta jenis-jenis modem semoga bermanfaat bagi para pembaca.