Senin, 18 Maret 2013

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat madu bagi kesehatan selama ini sudah menjadi pengetahuan umum di masyarakat. Hampir semua orang sudah tahu bahwa madu baik untuk kesehatan. Tak hanya buat kesehatan saja akan tetapi produk olahan berbahan madu juga dimanfaatkan di bidang kecantikan. Banyak bermunculan produk-produk kecantikan yang memiliki kandungan madu di dalamnya.

Di pasaran sekarang ini produk madu sangat mudah dijumpai, tetapi tak sedikit diantaranya adalah madu buatan alias bukan diproduksi secara alami oleh lebah. Bisa saja cuman rebusan air gula yang ditambahkan bahan kimia ke dalamnya. Namun banyak juga yg madu campuran alias tidak 100% madu murni.

Namun, dalam artikel ini saya tak akan membahas mengenai ciri-ciri madu asli dan palsu atau campuran, karena itu akan saya bahas dalam artikel yang lainnya. Dan sekedar diketahui saja bahwa satu-satunya cara yang paling pasti untuk mengetahui keaslian madu adalah dengan tes di laboratorium.

Berikut ini adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan :

manfaat madu
Ilustrasi madu By Scott Bauer, USDA ARS [Public domain],
via Wikimedia Commons
1. Membantu menjaga kelembaban tubuh
Madu dapat menjaga kelembaban tubuh baik dengan cara dikonsumsi ataipun dioleskan ke kulit.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

3. Mencegah tumbuhnya bakteri
Keasaman (PH) madu adalah berkisar 3,2-4,5 yang mana kondisi asam tersebut mampu mencegah tumbuhnya bakteri.

4. Mengobati sakit tenggorokan dan batuk
Madu sudah dimanfaatkan untuk obat alami sakit tenggorokan dan batuk sejak lama, dan hal ini diperkuat dengan penelitian baru yang menunjukkan bahwa madu mampu meredakan batuk.

5. Mencegah kanker dan penyakit jantung
Madu ini termasuk salah satu bahan makanan yang mengandung flavonoid yaitu antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker serta penyakit jantung.

6. Serta banyak lagi khasiat lainnya seperti misalnya yang ditunjukkan pada beberapa studi bahwa penggunaan madu bisa mengurangi bau badan, bengkak serta mengobati luka.

Baca juga artikel tentang Apakah boleh penderita diabetes meminum madu setiap hari?

Bahkan tak hanya di bidang kesehatan, manfaat madu di bidang kecantikan juga banyak misalnya saja kandungan antioksidan yang terkandung dalam madu cukup tinggi dan bisa melawan radikal bebas dan penuaan sel. Bisa juga dimanfaatkan sebagai pelembut bibir dan pelembab bibir. Saat inipun sudah bnyak produk-produk kecantikan yang menambahkan madu sebagai komposisinya.

Oke, itulah beberapa manfaat madu bagi kesehatan yang ternyata amat banyak, sehingga anda mungkin perlu mencoba mengonsumsi madu asli sekali waktu agar bisa merasakan manfaatnya.