Jumat, 29 Maret 2013

Gejala Penyakit Ginjal Yang Paling Umum Terjadi

Gejala penyakit ginjal - Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang penting di mana fungsinya adalah menyaring zat sisa terutama urea dari darah untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Bentuk organ ginjal ini menyerupai kacang dan merupakan organ ekskresi. Jika ginjal ini mengalami gangguan, maka hal yang dapat ditimbulkan adalah terjadi pula gangguan pada pembentukan urine.

Gejala penyakit ginjal ini sebenarnya susah untuk dideteksi secara dini dan biasanya terdapat banyak kasus dimana penyakit ginjal baru diketahui setelah penyakit sudah parah dan tentunya anda tidak mau hal ini terjadi pada anda bukan?

Nah, untuk itu marilah kita belajar tentang apa saja gejala ginjal apabila suatu hari kita atau orang di sekitar kita ada yang mengalami gejala seperti itu kita bisa tanggap dan segera berobat biar tidak menajdi parah.

gejala penyakit ginjal
Gejala penyakit ginjal :

1. Perubahan kencing
Gejala penyakit ginjal yang pertama ini pasti akan terjadi karena memang ginjal adalah organ dalam sistem urin. Dan biasanya, apabila ginjal anda memiliki masalah maka akan terjadi frekuensi abnormal ketika anda buang air kecil, entah itu lebih sedikit atau lebih banyak dan biasanya berwarna pucat. Dan pada kasus lainnya urin bisa saja berbusa atau bergelembung dan bahkan hingga keluar darah. Sedangkan pada kasus batu ginjal biasanya akan merasa kesulitan saat mau buang air kecil dan terasa perih. Biasanya juga muncul keluhan seperti sering buang air kecil malam hari.

2. Pembengkakan
Gejala pembengkakan biasanya terjadi pada penderita gagal ginjal. Gagal ginjal akan menyebabkan cairan menumpuk di dalam tubuh hingga pada akhirnya akan menimbulkan pembengkakan yang bisa terjadi pada beberapa anggota tubuh misalnya kaki, wajah, tangan, dsb.

3. Mudah lelah
Pada penderita gagal ginjal, eritropoietin (Eritropoietin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel khusus di ginjal yang mendorong sumsum tulang untuk meningkatkan produksi sel darah merah) lebih sedikit. Dengan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi lelah dengan sangat cepat. Maka dari itu, kita perlu mewaspadai apabila merasa cepat lelah dan tidak seperti biasanya. Karena memang si penderitalah yang bisa merasakannya.

4. Tidak ada selera makan

5. Penurunan berat badan

6. Mual, muntah

Nah penyakit pada ginjal sendiri banyak macamnya, diantaranya batu ginjal, gagal ginjal, Pyelonephrits, Glomerulonephritis, jadi gejala penyakit ginjal yang saya sebutkan di atas bisa saja hanya beberapa diantaranya.

Jadi, kalau anda merasakan gejala sakit ginjal seperti di atas senbaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar diketahui apakah mengalami gangguan ginjal atau tidak agar segera dilakukan tindakan yang semestinya.