Sabtu, 30 Maret 2013

Cara Mengatasi Sakit Kepala / Pusing Secara Alami

Cara mengatasi sakit kepala secara alami mungkin bisa menjadi alternatif bagi anda yang seringkali mengalami sakit kepala daripada bergantung terus pada obat sakit kepala. Jika dengan cara alami bisa hilang kenapa tidak dicoba?

Nah, baru kalau dirasa memang tidak ampuh baru anda segera harus memeriksakan diri ke dokter jangan membeli obat sakit kepala sembarangan tanpa resep dokter. Hal itu karena dalam dunia kesehatan biasanya sakit kepala itu termasuk salah satu gejala dari munculnya penyakit lain.

cara mengatasi sakit kepala
Nah, anda bisa mencoba beberapa pengobatan alami cara mengatsi sakit kepala berikut ini :

1. Minum air putih
Sakit kepala yang anda alami pada dasarnya mungkin disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen ke kepala. Dengan meminum air putih maka secara tidak langsung anda telah menambah pasokan oksigen ke dalam tubuh anda dan secara otomatis maka aliran oksigen ke kepala anda pun semakin bertambah. Untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh bisa juga anda keluar dari ruangan anda lalu menghirup udara segar yang tidak bercampur polusi misalnya di kebun atau taman.

2. Berolahraga di pagi hari
Saat pagi hari dimana kendaraan masih belum memenuhi jalanan maka saat tersebut anda bisa mendapatkan udara segar yang bebas polusi tentu hal tersebut bisa anda manfaatkan dengan baik sambil berolahraga. Olahraga sendiri juga bisa melancarkan aliran darah dalam tubuuh sehingga oksigen dapat terdistribusi secara merata dalam tubuh anda. Jadi, jika pekerjaan anda kebanyakan duduk maka luangkanlah sedikit waktu buat berolahraga agar aliran darah anda menjadi lancar dan meminimalisir timbulnya sakit kepala dan penyakit lainnya yang tak diharapkan.

3. Konsumsilah makanan yang mengandung magnesium
Karena magnesium dapat merelaksasi otot anda. Diantara makanan yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Hindari makanan yang mengandung tyramine dan nitrat
Yang termasuk makanan jenis ini diantaranya adalah keju, daging olahan, pisang, nanas, acar, makanan yang diawetkan, makanan yang diasinkan serta makanan aditif. Hal tersebut karena tyramine dan nitrat akan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga bisa menimbulkan sakit kepala.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala secara alami yang bisa anda coba terapkan. Cukup mudah dan apabila sakit kepala yang anda rasakan masih sering muncul meskipun sudah mencoba tips-tips di atas maka sepertinya anda harus segera memeriksakan diri ke dokter karena kemungkinan anda memiliki sebuah penyakit, segera berobat ke dokter sebelum menjadi tambah parah.