Kamis, 22 Mei 2014

Tips Menggunakan Google Search Secara Lebih Efektif

Di jaman sekarang ini hampir semua orang sudah bisa menggunakan internet dengan mudah. Jika tak mempunyai perangkat komputer di rumah yang tersambung ke internet maka tinggal menggunakan smartphone atau bisa juga dengan mengunjungi Warnet.

Salah satu aktifitas yang dilakukan ketika berselancar di internet adalah browsing dengan menggunakan mesin pencari untuk mencari berbagai macam info mulai dari berita terbaru, lowongan pekerjaan, ataupun mencari produk secara online.

Google adalah salah satu mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan di belahan dunia.

Nah, berikut ini saya akan membagikan tips bagaimana menggunakan mesin pencari Google secara lebih efisien.

Tips 1 : Open in new tab pada hasil pencarian secara otomatis.

Biasanya apabila melakukan suatu pencarian kata kunci di mesin pencari, sebagian pengguna akan melakukan klik kanan lalu memilih "Open Link in New Tab" pada hasil pencarian secara manual. Tapi, hal tersebut akan kurang efisien karena sejatinya anda bisa mengubah settingan agar setiap link hasil pencarian yang diklik akan muncul pada tab baru secara otomatis.


Caranya cukup mudah, silahkan ikuti 2 step mudah berikut ini :

Step 1
Pada halaman penelusuran Google, silahkan tekan pada tombol berlambang roda gerigi yang letaknya di kanan atas. Lalu klik pada menu "setelan penelusuran" atau "setting".


Step 2
Berikutnya anda akan menemui halaman baru dan carilah opsi "Tempat hasil dibuka". Berilah tanda centang. Simpan.


Nah, setelah itu anda bisa kembali browsing dan setiap kali mengklik hasil penelusuran, maka link akan terbuka di tab baru tanpa harus melakukan klik kanan dan "Open Link in New Tab".

Tips 2 : Melakukan search langsung dari suatu kata atau frase

Apabila suatu ketika misalnya anda menemukan suatu istilah yang asing dan anda penasaran mengetahui artinya, pasti akan segera mencarinya di mesin pencari. Alih-alih mengetikkan kata kunci lebih baik anda block kata/frase tersebut kemudian klik kanan dan pilih "Search Google for". Tentunya ini akan lebih efektif daripada harus mengetikkannya di search box.

Ilustrasi :


Mungkin untuk sementara hanya 2 tips itu yang dapat saya bagikan, tapi bisa saja infonya saya update suatu hari apabila saya menemukan tips oke lainnya.

*Google and the Google logo are registered trademarks of Google Inc., used with permission.