Jumat, 30 Mei 2014

Cara membuat layar komputer lebih nyaman serta mengurangi keletihan mata dengan f.lux

Cara membuat layar komputer lebih nyaman serta mengurangi keletihan mata dengan f.lux akan membantu anda dengan membuat lebih betah bekerja di depan layar serta memiliki manfaat bagi kesehatan mata dan tubuh.

f.lux ini adalah sebuah software yang mampu meningkatkan kualitas hidup anda. Karena akan membuat tidur anda terasa lebih nyenyak di malam hari dan membuat komputer terlihat lebih baik.

Cara kerja aplikasi ini sebenarnya cukup simple akan tetapi memiliki manfaat yang cukup besar terutama bagi anda yang suka duduk berlama-lama di depan komputer.

Aplikasi ini membuat warna tampilan komputer anda menyesuaikan dengan waktu sehingga akan terasa lebih sejuk di mata pada malam hari dan menampilkan pencahayaan yang cerah menyesuaikan cahaya matahari pada siang hari.

Kenapa kok saat memainkan komputer, tablet, dan smartphone pada malam hari bisa mengganggu kualitas tidur?

Jika anda mengatur settingan kecerahan layar tablet pada tingkat maksimal maka akan tetap terasa nyaman dilihat pada siang hari di luar ruangan akan tetapi akan membuat mata anda sakit jika dilihat pada malam hari dan di dalam ruangan.

Paparan sinar cerah kebiruan yang mirip dengan cahaya matahari dari layar monitor yang anda lihat menjelang tidur bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang membantu anda untuk tidur lebih nyenyak. Kekurangan melatonin bisa menyebabkan autisme, penuaan dini, dan meningkatkan resiko diabetes.

Itulah fungsinya f.lux yang akan menyesuaikan tampilan layar menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan. Pada siang hari layar komputer anda akan berwarna cerah seperti biasa namun pada sore hari sampai malam akan merubah warnanya menjadi lebih ramah dengan mengurangi intensitas warna tajam kebiruan dan menambahkan warna yang tidak tajam seperti merah atau orange.

f.lux tersedia untuk komputer Windows, Mac, Linux, Iphone dan ipad. Sedangkan bagi para pengguna Android, anda bisa menginstal software sejenis yang bernama Twilight.

Dapatkan f.lux melalui link ini : https://justgetflux.com/
Dapatkan Twilight melalui link ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.urbandroid.lux

Cara settingan f.lux :

1. Install terlebih dahulu ke komputer anda
2. setelah itu jalankan aplikasinya
3. tekan pada tombol setting

Cara membuat layar komputer lebih nyaman 1

4. tekan pada tombol change untuk menetapkan lokasi anda

Cara membuat layar komputer lebih nyaman 2

5. masukkan kota anda atau kota yang terdekat dan tekan OK kalau sudah ketemu

Cara membuat layar komputer lebih nyaman 3

Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini mungkin anda akan merasa kaget dengan perubahan warna layarnya terutama pada malam hari akan tetapi lama-kelamaan akan terbiasa dan merasakan manfaatnya.