Selasa, 13 November 2012

Gejala Penyakit Liver Yang Perlu Diketahui

Gejala penyakit seperti gangguan pada liver perlu sekali untuk anda ketahui karena liver ini adalah salah satu organ vital di dalam tubuh manusia. Peranan liver dalam tubuh manusia amatlah penting diantaranya sebagai tempat menyimpan banyak nutrisi penting seperti vitamin A,D,E,K, dan B12, mineral besi dan untuk memberi zat penting lainnya untuk jaringan tubuh, fungsi pencernaan, fungsi metabolisme, fungsi detoksifikasi, memproduksi protrombin, fibrinogen, dan Albumin, serta sebagai organ sistem kekebalan tubuh. Itulah sebabnya jika terjadi gangguan pada liver kita maka akan terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam tubuh.

Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa menjaga kesehatan liver kita amatlah penting, tak kalah penting juga mengenal gejala penyakit liver. Karena jika suatu saat gejala-gejala seperti itu muncul maka kita sudah bisa mengenalinya untuk segera diberikan perawatan ke dokter agar tidak makin parah dan bisa sembuh.

Penyakit pada liver ini bisa disebabkan oleh bermacam penyebab misalnya saja karena infeksi virus hepatitis, adanya jamur beracun, penggunaan alkohol yang dapat menyebabkan peradangan hati, penyalahgunaan obat-obatan, serta terjadinya sirosis atau pengerasan pada organ hati.

gejala penyakit liver
Image courtesy of dream designs / FreeDigitalPhotos.net

Berikut adalah beberapa tanda atau gejala penyakit liver :
  1. Air kencing berwarna kecoklatan pekat cenderung menyerupai warna teh
  2. Pada bagian tubuh tertentu anda akan menemukan bahwa kulitnya berubah warna menjadi kuning biasanya terjadi pada area telapak kaki, mata, dan telapak tangan. Anda harus segera mengunjungi dokter apabila gejala seperti ini muncul karena kalau tidak segera diberikan perawatan yang tepat, warna kuning tersebut akan lama hilangnya.
  3. Kemauan untuk makan menurun sehingga berakibat pada terhambatnya metabolisme tubuh yang pada kahirnya terjadi penurunan berat badan
  4. Seringkali mengalami mual mual-mual pada perut tanpa ada sebab yang pasti
  5. Mudah lelah dalam beraktifitas dan cenderung suka bermalas-malasan
  6. Bagian otot terasa pegal-pegal dan terasa sakit padahal anda tidak melakukan aktifitas angkat beban dan olahraga berat lainnya
  7. Mengalami diare dalam jangka waktu tertentu tanpa ada penyebab yang jelas dan biasanya ketika buang air warnanya cenderung berwarna pucat.
  8. Timbulnya bau mulut dan bau badan yang tidak sedap
  9. Mudah merasa depresi
  10. Kadar gula darah rendah (hipoglikemia)
  11. Terjadi pembesaran pada pembuluh vena
  12. Terjadinya masalah pada kulit misalnya gatal-gatal, kulit kering, eksim, dan gangguan pada bagian kulit yang lainnya
Itu adalah beberapa gejala penyakit liver yang bisa dijadikan rujukan apabila salah satu anggota keluarga atau teman anda ada yang mengalami gejala tersebut maka anda harus segera menyarankannya untuk cepat berkunjung ke dokter sebelum telat mendapatkan penanganan dan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh nantinya.