Kamis, 15 November 2012

Cara Menghilangkan Jerawat Bisa Secara Alami Maupun Teknologi

Cara menghilangkan jerawat ini adalah salah satu tips kesehatan yang banyak peminatnya karena penderita jerawat itu jumlahnya banyak sekali terutama di kalangan remaja. Bahkan, usia dewasa pun masih ada saja yang masih mengalami jerawat.

Penyebab jerawat sendiri bisa bermacam-macam, bukan saja karena kurang bisa menjaga kebersihan kulit, tapi masih bnayak faktor lainnya meskipun kebersihan kulit terjaga sekalipun.
Sebelumnya, marilah kita ulas dulu apa sih jerawat itu sebenarnya ?
 
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Dan biasanya jerawat ini akan muncul pada area wajah, leher, lengan ataupun punggung.

cara menghilangkan jerawat

Apa saja yang bisa menyebabkan jerawat muncul?

Banyak sekali faktor penyebab timbulnya jerawat yang bisa saja antara satu orang dengan lainnya memiliki penyebab jerawat yang tidak sama :

1. Faktor internal bisa mejadi salah satu pemicu jerawat, misalnya saja Hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri adalah penyebab jerawat yang paling umum.

2. Penyumbatan pori yang disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang banyak mengandung minyak ataupun penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation.

3. Gaya hidup stress juga dapat memicu timbulnya jerawat, karena produksi kortisol akan mengalami kenaikan yang secara tidak langsung bisa memicu munculnya jerawat.

4. Atau karena sebab lainnya misalnya penggunaan obat tertentu, kebersihan wajah kurang terjaga, infeksi bakteri, dll

Karena penyebab jerawat bisa berasal dari dalam ataupun luar tubuh maka untuk pengobatan juga harus dilakukan dari dalam ataupun dari luar.

Baca juga :
Manfaat Lidah Buaya Untuk Penghilang Bekas Jerawat
Makanan Pencegah Jerawat Yang Patut Dikonsumsi
Penyebab Jerawat Yang Perlu Anda Ketahui
Cara Membersihkan Muka Dengan Benar dan Aman

Beberapa tips cara mengatasi jerawat dari dalam :

1. Lebih sering minum air putih dalam batas wajar, tidak usah berlebihan misalnya saja 8 gelas sehari
2. Memasukkan makanan sehat ke dalam menu makan harian, yaitu sayuran dan buah
3. Biasakan istirahat yang cukup di malam hari untuk menekan produksi kortisol yang bisa secara tidak langsung akan memicu jerawat
4. Hindari dulu meminum minuman yang kaya kandungan kafein seperti teh, kopi, coklat, kopi serta menjauhi makanan yang berminyak secara berlebihan
5. Meminum obat jerawat, jika anda sudah memeriksakan diri ke dokter perihal masalah jerawat anda maka jangan lupa untuk meminumnya sesuai anjuran karena pengobatan dari dalam sangat ampuh untuk mengatasi jerawat
6. Atau bisa juga mengobati jerawat dari dalam dengan bahan alami, misalnya saja dengan jus pare. Meskipun rasanya sangat pahit dan tidak enak, tapi jus pare ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya, bersihkan buah pare dengan air bersih lalu potong menjadi 2 bagian.

Buang bijinya lalu potong lagi menjadi bagian kecil-kecil. Tumbuk atau blenderlah. Peraslah dan ambil sarinya untuk diminum sedangkan bagian ampasnya bisa dipergunakan untuk masker. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai masker agar hasilnya lebih optimal.

Beberapa tips cara menghilangkan jerawat dari luar :

1. Jaga selalu kebersihan kulit, biasakan mencuci muka sebanyak 2 kali sehari yaitu setelah bangun tidur dan sebelum tidur lalu dikeringkan dengan handuk lembut bersih dengan cara ditepuk-tepukkan lembut, jangan digosokkan karena malah bisa iritasi

2. Menggunakan obat oles jerawat

3. Bisa juga menggunakan masker dari bahan alami misalkan saja lidah buaya, ambillah daging lidah buaya dan ratakan gelnya ke area wajah dan biarkan beberapa menit sampai mengering. Lalu bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih lembut dengan cara ditepuk-tepukkan.

Sedangkan berikut ini adalah beberapa kebiasaan baik yang perlu anda perhatikan, yang dapat meminimalisir timbulnya jerawat pada tubuh anda :

1. rajin berolahraga
2. minum air secukupnya sesuai anjuran dokter, tak perlu berlebihan
3. makan sayur dan buah untuk melancarkan BAB
4. cukup istirahat dan menjauhi stress
5. rutin mencuci handuk, bantal dan sprei biar selalu bersih
6. jangan memencet jerawat karena nanti bisa bertambah parah dan menyebar
7. hindari makan yang berkafein, berminyak, serta makanan berkadar gula tinggi
8. cuci muka 2 hari sekali untuk mengurangi kelebihan minyak yang terdapat di wajah

Sedangkan teknik menghilangkan jerawat lainnya adalah dengan menggunakan teknologi laser, namun, tentu saja ini cukup menguras kantong anda. Untuk melakukannya tentu saja anda harus mengunjungi klinik kecantikan yang terpercaya di kota anda untuk berkonsultasi mengenai prosedur, biaya, serta mungkin menanyakan perihal efek sampingnya.

Teknik menghilangkan jerawat dengan teknologi laser ini cukup digandrungi oleh kaum berduit yang ingin mendapatkan hasil secara lebih cepat. Dengan teknik laser jerawat bernama PDT (Photo Dynamic Therapy) bisa secara efektif untuk menghilangkan sekaligus mencegah jerawat kembali muncul.

Baiklah, itulah beberapa tips bagaimana cara menghilangkan jerawat yang bisa saja anda lakukan secara alami ataupun dengan bantuan bahan alami, serta bisa juga jerawat dihilangkan dengan menggunakan teknik modern.