Senin, 12 November 2012

Pengertian Internet Yang Anda Perlu Tahu

Pengertian internet – penggunaan internet sekarang ini sudah begitu meluasnya sampai hampir setiap orang bisa dengan mudah terkoneksi ke internet baik menggunakan PC ataupun bermodalkan smartphone.

Internet sendiri yang dikenal luas oleh masyarakat sebenarnya adalah kependekan dari interconnection-networking. Yang mana jika diartikan secara harfiah berarti sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Jika anda bertanya-tanya apa pengertian internet menurut para ahli, maka berikut ini saya sertakan pendapat beberapa ahli mengenai pengertian atau definisi internet :

1. Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Dan, terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini.
2. Khoe yao tung menyatakan bahwa intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

pengertian internet
Image courtesy of pichart99thai / FreeDigitalPhotos.net
Sejarah awal internet sebenarnya internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network. Proyek tersebut sebenarnya dibentuk untuk tujuan militer. Dan hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah.

Namun, pada perkembangannya semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya sehingga dipecah menjadi 2 yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Dan sampai sekarang internet terus berkembang. Makin banyak orang yang bisa merasakan akses internet saat ini.

Apabila anda terkoneksi ke internet maka anda taka kan aing dengan beberapa layanan populer yang sering dipergunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia seperti email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.

Internet juga memungkinkan komunikasi antar 2 orang atau lebih yang berbeda tempat bahkan antar negara dengan menggunakan program pengirim pesan instant seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter.

Selain itu dengan internet juga memungkinkan bagi sekelompok orang untuk membangun suatu komunitas, Baik itu melalui situs jejaring social seperti facebook dan twitter ataupun melalui forum-forum.

Bahkan, dewasa ini semakin ramai saja orang yang memanfaatkan internet sebagai media bisnis atau mengembangkan bisnisnya.

Bagaimanapun kehadiran internet di tengah masyarakat ibarat pedang dua sisi. Di satu sisi sangat menguntungkan bagi peradaban manusia akan tetapi di sisi yang lainnya bisa menyebabkan berbagai kerugian mulai dari material sampai moral. Untuk itu kita, sebagai pengguna internet dituntut untuk bisa bersikap bijak dan waspada dalam menggunakan internet dalam sehari-hari.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan perihal pengertian internet. Dengan mengetahui apa definisi internet dan apa dampak-dampaknya anda akan bisa lebih bijak dalam menggunakannya.