Rabu, 30 Oktober 2013

Bagaimana Tips Cara Menghadapi Permasalahan Hidup?

Ketika mendapat cobaan atau masalah dalam hidup ini, apa yang akan anda lakukan, apakah langsung menyerah atau mencoba menyelesaikannya dengan cara terbaik? Yang jelas selama masih hidup di dunia maka semua manusia akan berhadapan dengan yang namanya masalah dan mau tidak mau kita musti menyelesaikannya. Meskipun terkadang untuk suatu masalah tertentu tidak harus dihadapi tapi cukup dihindari saja.

Yang pasti kita harus selalu berpikir sehat dan bijak dalam berhadapan dengan suatu masalah, apapun itu. Bagaimana cara yang kita tempuh untuk menghadapi suatu masalah akan sangat berpengaruh pada hasil akhirnya.

Nah, berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara menghadapi masalah yang mungkkin bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

tips menghadapi masalah
1. Move On
Alih-alih mencari-cari suatu kesalahan alangkah lebih baiknya apabila anda segera memikirkan sebuah solusi. Anda harus bisa fokus dan memikirkan apakah yang akan anda lakukan selanjutnya. Jangan buang waktu, segera habiskan energi anda untuk bergerak menemukan solusi. Jangan biarkan rasa panik menguasai anda untuk waktu yang lama. Karena bisa-bisa anda malah menjadi seperti kursi goyang yang bisa bergerak terus-terusan akan tetapi tak mampu membawa kemanapun. Anda harus belajar menemukan “bagaimana dan apa yang akan dilakukan selanjutnya” daripada membuang waktu percuma untuk memikirkn, “seandainya.... pasti itu tidak akan terjadi”. Hal tersebut hanya akan membuat masalah semakin berlarut dan rasa sakit yang anda derita akan bertahan lebih lama.

2. Mengerti permasalahan
Memecahkan masalah adalah kemampuan untuk membuat pilihan secara hati-hati. Anda bisa mencoba menyelesaikan masalah anda secara sistematis dimulai dengan : mengerti permasalahan, mengumpulkan fakta-fakta yang ada, mengatur masalah, memperkirakan apa konsekuensinya, mencoba menyelesaikannya dan mengecek jawabannya. Ajukanlah pertanyaan, mengklarifikasi fakta dan kemudian mengevaluasi pilihan untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan. Itulah formulanya.

3. Berpikir jernih
Dalam mencoba menyelesaikan semua maslaah anda harus berpkir jernih agar tidak terjebak dalam sebuah keputusan yang tergesa-gesa dan punya potensi menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Anda bisa mencoba untuk mulai berpikiran terbuka dan berpikir out-of-the-box. Apabila anda mempunyai visi yang lebih luas serta ide-ide unik maka anda sudah memiliki modal yang bisa membantu anda untuk menyelesaikan atau memperbaiki suatu masalah dengan cara yang lebih baik.

4. Hadapi dengan senyuman
Agar bisa lebih menikmati hidup ini dan tidak mudah terjebak dalam luka batin berkepanjangan maka anda wajib memiliki kemampuan untuk bisa tertawa dalam menghadapi apapun permasalahan yang ada. Itu akan bisa membuat pikiran anda menjadi lebih rileks. Rasa humor bisa membantu anda terhindar dari kesedihan dan rasa kecewa yang berlebihan. Hadapi semua permasalahan dengan senyuman dan cobalah temukan sisi humornya untuk ditertawakan dalam hati, ini bisa sedikit banyak membantu menurunkan tensi dan membuat pikiran sedikit lebih lega.

Melihat Gambar Gambar Lucu Pereda Stress mungkin juga akan sedikit membantu anda biar bisa tersenyum sesaat.

5. Teamwork
Semua akan setuju bahwa dua pikiran yang disatukan akan lebih baik dibanding hanya satu pemikiran. Cobalah untuk melibatkan orang lain dalam memecahkan permasalahan yang sedang anda hadapi. Meskipun mungkin pada akhirnya tak bisa membantu menyelesaikan masalah anda setidaknya sudah bisa memberikan dukungan moral kepada anda. Anda bisa menyimpan pandangan-pandangan yang mereka utarakan sebagai masukan yang bisa dipertimbangkan.

6. Brainstorm
Apa itu brainstorm? Ini dapat diartikan sebagai sebagai teknik untuk mendapatkan ide-ide kreatif sebanyak mungkin dalam kelompok. Hal ini apabila diterapkan untuk menyelesaikan masalah anda amatlah membantu. Karena bagaimanapun, 10 ide adalah lebih baik dibandingkan hanya satu ide. Setiap ide layak untuk dipertimbangkan. Tahan godaan untuk mencari solusi jangka pendek secara cepat. Karena hal tersebut hanya akan membuat anda meletakkan solusi di awal proses, padahal apa yang anda butuhkan adalah solusi pada bagian akhir. Orang mempunyai sifat bawaan untuk memecahkan masalah jika mereka hanya mengambil waktu untuk memahami situasi tanpa panik.

7. Belajar dari kesalahan masa lalu
Anda harus belajar dari masalah yang sudah-sudah dan mengambil pelajaran darinya. Jangan sampai anda terjatuh ke dalam lubang yang sama.

Itulah tips cara menghadapi permasalahan hidup yang bisa anda pertimbangkan buat masukan dalam menghadapi permasalahan hidup yang mungkin sekarang ini sedang anda alami.

Baca juga  Tips agar betah di tempat kerja dan merasa bahagia

Pokoknya jangan sampai permasalahan yang anda alami membuat anda terpuruk dan putus asa. Segera lakukan upaya terbaik untuk menyelesaikannya apabila memang butuh penyelesaian. Semoga keberuntungan selalu menyertai anda.