Jumat, 06 September 2013

Pengertian Agama / Definisi Agama Secara Lengkap

Pengertian agama atau definisi agama mungkin tidak semua dari kita bisa menjelaskannya tanpa mencontek buku. Padahal, sejatinya kata agama ini seringkali dipakai dan bukanlah istilah asing.

Kalau menurut menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Diketahui, bahwa sebenarnya kata agama berasal dari bahasa sanskerta āgama yang berarti "tradisi". Istilah lain yang memiliki makna identik dengan agama adalah religi yang berasal dari bahasa latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Mengikat di sini maksudnya adalah dengan ber-religi maka seseorang akan mengikat dirinya kepada tuhan.

Pengertian Agama

Pengertian agama menurut para ahli :

Menurut Durkheim definisi Agama adalah merupakan suatu sistem yang terpadu terdiri atau kenyakinan dan praktek yang berhubungan dengan hal-hal yang suci dan menyatukan semua penganutnya dalamsuatu komunitas moral yang di namakan umat.

Menurut prof Dr.m. Drikarya definisi Agama adalah kenyakinan adanya suatu kekuatan supranatural yang mengatur danmenciptakan alam dan isinya.

Menurut H. Moenawar Chalil definisi Agama adalah perlibatan yang merupakan tingkah laku manusia dalam berhubungandengan kekuatan supranatural tersebut sebagai konsekuensi otos pengakuannya.

Menurut Hendro Puspito definisi Agama adalah sistem nilai yang mengatur hubungan manusia dan alam semesta yangberkaitan dengan keyakinan.

Menurut Jappy Pellokild definisi Agama adalah percaya adanya tuhan yang maha esa dan hukum-hukumnya.

Itulah pengertian agama menurut kamus besar bahasa indonesia dan juga pengertian agama menurut beberapa ahli.

Meskipun di dunia ini jumlah agama adalah sangat banyak, namun di indonesia pemerintah hanya mengakui 6 agama saja. Diantaranya adalah Islam, Katolik, Protestan, Hindhu, Budha, dan Kong Hu Cu.

Agama mayoritas di indonesia adalah Islam dengan jumlah pemeluknya yang mencapai 87,18% dari total populasi penduduk indonesia. Disusul protestan sebanyak 6,96%; katolik sebanyak 2,9%; hindu sebanyak 1,69%; buddha  sebanyak 0,72%; kong hucu sebanyak 0,05%; agama lainnya sebanyak 0,13% serta 0,38% tidak diketahui. Data ini adalah berdasarkan kepada hasil sensus tahun 2010. Di tahun 2013 ini data tersebut bisa saja sudah mengalami sedikit perubahan.

Dengan banyaknya agama maupun aliran kepercayaan yang ada di Indonesia, pemerintah berusaha menyatukan itu semua dengan semboyan Bhinneka Tungga Ika yang artinya adalah berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua. Dengan semboyan ini maka meskipun dengan banyaknya agama dan aliran kepercayaan yang ada di indonesia akan tetapi pada hakekatnya bangsa indonesia tetap satu kesatuan.

Demikianlah yang dapat saya jabarkan mengenai pengertian agama atau definisi agama semoga saja bermanfaat bagi anda para pembaca yang membutuhkan informasi tentang hal ini.