Kamis, 07 Mei 2015

Roster Sebagai Alternatif Ventilasi Udara Sekaligus Penghias Dinding Bangunan

Roster atau sering juga disebut Loster ini pada dasarnya banyak difungsikan untuk ventilasi pada sebuah bangunan. Namun, banyak pula lebih difungsikan untuk penghias dinding bangunan.

Di masjid, gereja, taman dan bangunan-bangunan monumental lainnya pasti sering anda temui penggunaan roster sebagai aksen geometris yang unik. Dengan penambahan roster semakin mempercantik tampilan bangunan dan memberikan kesan tersendiri.

Begitu pula di rumah pribadi, penggunaan roster sebagai ventilasi sekaligus penghias dinding sudah banyak ditemui di masyarakat. Biasanya pemasangan roster sebagai ventilasi terletak di atas jendela dan pintu. Namun, bisa juga di lokasi yang lainnya.

Roster dengan desain yang cantik akan bisa meningkatkan nilai keindahan sebuah bangunan dengan harga yang murah dan pemasangannya pun relatif mudah.

Apabila anda berniat untuk memasang roster untuk ventilasi sekaligus mempercantik dinding bangunan, terdapat banyak pilihan jenis roster berdasarkan material pembuatnya, mulai dari campuran pasir dan semen, tanah liat yang dibakar, kayu, GRC, beton, kuningan, dsb.

Berikut ini adalah beberapa contoh roster beton dengan desain yang cantik dan unik :

Photo by Grcartikon.com, contoh gambar roster beton dengan desain cantik.

Pengaplikasian roster bisa juga dilakukan pada dinding kamar mandi dengan tujuan agar memberikan suasana yang nyaman dan sejuk. Mendengar ide ini mungkin anda akan berpikir tentang hilangnya privasi. Upps, jangan salah tangkap dulu.

Cara ini mungkin tidak bisa diaplikasikan untuk semua kamar mandi. Tapi lebih cocok untuk kamar mandi yang memisahkan area shower dan wastafel. Jadi, pengaplikasian dinding roster hanya pada area wastafel sedangkan pada area shower tetap menggunakan dinding tertutup.