Rabu, 29 Mei 2013

Batasan-batasan Dalam Satu Akun Blogger

Anda para blogger pastinya mengenal dong salah satu platform blogging yang dikenal dengan Blogspot. Dengan menggunakan layanan ini anda akan bisa mengelola banyak blog dalam sebuah satu akun dan tanpa memikirkan biaya hosting ataupun domain.

Biasanya alamat domain blog anda akan berupa subdomain Blogspot misalnya saja updatekeren.blogspot.com. Saat anda berselancar di dunia maya pasti seringkali menemui subdomain Blogspot seperti itu. Yah, pengguna platform Blogspot tentu saja banyak sekali karena kemudahannya dalam mendaftar, gratis, mudah digunakan serta banyak terdapat pilihan template yang keren yang masih bisa diatur-atur lagi tampilannya sesuka hati.

Namun, tentu saja tidak ada barang gratis yang unlimited di dunia ini kecuali pemberian tuhan hehe. Di dalam platform blog yang dimiliki Google ini pasti ada batasan-batasannya.

Anda pasti pernah bertanya Misalnya berapa jumlah maksimum blog yang diperbolehkan dalam 1 akun Blogger, berapa jumlah maksimal postingan dalam 1 blog, berapa jumlah maksimal label yang diperbolehkan dalam 1 posting atau blog, berapa jumlah gambar yang boleh diupload dalam 1 akun Blogger, serta berapa jumlah author yang diijinkan untuk mengelola 1 blog. Nah, pada kesempatan ini akan saya beberkan hal tersebut berdasar dari sumbernya langsung, yaitu https://support.google.com/blogger/answer/42348?hl=id.

Batasan-batasan Dalam Satu Akun Blogger

Batasan-batasan dalam 1 akun blogger :

Jumlah Blog: Anda dapat memiliki hingga 100 blog per akun.

Jumlah Entri: Jumlah entri yang dapat Anda miliki pada satu blog tidak dibatasi. Entri tersebut akan disimpan di akun Anda (sampai Anda menghapusnya secara manual), terlepas dari apakah Anda memublikasikan arsip atau tidak.

Ukuran Entri: Tidak ada batasan ukuran untuk entri individual, tetapi entri yang sangat besar dapat terkena batas ukuran laman. (Lihat item berikutnya.)

Ukuran Laman: Laman individual (laman utama blog Anda atau laman arsip Anda) ukurannya dibatasi sebesar 1 MB. Ukuran ini bisa memuat beberapa ratus laman teks, tetapi dapat menjadi masalah jika Anda mencantumkan ratusan entri di laman depan blog Anda. Jika Anda mencapai batas ini, Anda akan melihat pesan galat yang menyatakan "006 Harap hubungi Dukungan Blogger". Anda dapat mencegah galat ini dengan mengurangi jumlah entri di laman utama Anda, yang juga akan memberikan manfaat yaitu laman Anda dimuat dengan cepat.

Jumlah Komentar: Sebuah entri dapat berisi berapa pun komentar. Sedangkan untuk entri yang diarsipkan, jika Anda memilih menyembunyikan komentar di blog, semua komentar yang sebelumnya ada akan tetap tersimpan di akun.

Jumlah Gambar: Penyimpanan total sebesar 1 GB, dibagi-pakai bersama Web Picasa

Ukuran Gambar: Jika Anda mengeposkan gambar melalui Blogger Mobile, terdapat batasan 250 K per gambar.

Anggota Tim: Anggota dibatasi sebanyak 100 orang per blog.

Jumlah Label: Label unik hingga 2.000 label per blog dan 20 label per entri.

Uraian Blog: Dibatasi hingga 500 karakter, tanpa HTML. Menambahkan karakter tambahan atau HTML dapat mengembalikannya ke setelan sebelumnya.

Informasi Profil "Tentang Saya": Maksimum 1.200 karakter.

Favorit dan Minat Profil: Maksimum 2.000 karakter pada setiap bidang.

Sumber : https://support.google.com/blogger/answer/42348?hl=id.

Itulah beberapa batasan-batasan dalam 1 akun Blogger yang bisa anda ketahui. Selanjutnya anda bisa lebih leluasa dalam ngeblog setelah mengetahui apa saja batasannya. Jangan lupa untuk mematuhi TOS atau aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Blogger agar blog anda bisa langgeng.

*Google and the Google logo are registered trademarks of Google Inc., used with permission.